Minggu, 01 April 2012

KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur mari kita panjatkan ke hadhirat Allah SWT, karena atas Rahmat dan Hidayah-Nya Penulis dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “MODEL-MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM“. Shalawat dan Salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta Keluarga dan para Sahabatnya
Penulis menyampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi dalam penyelesaian makalah ini, terutama kepada dosen mata kuliah pengantar metodologi penelitian yang telah memberikan bimbingan kepada Penulis.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat Penulis harapkan sekali.
Semoga makalah ini bermanfaat khusunya bagi penulis dan umumnya bagi para pembaca.Amin.
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam system pendidikan, sebab dalam kurikulum bukan hanya dirumuskan tentang tujuan yang harus dicapai sehingga memperjelas arah pendidikan, akan tetapi juga memberikan pemahaman tentang pengalaman blajar yang harus dimiliki setiap siswa. Oleh karena itu pentingnya fungsi dan peran kurikulum, maka setiap pengembangan kurikulum pada jenjang mana pun harus didasarkan pada asas-asas tertentu.
Pengembangan kurikulum adalah proses perencanaan kurikulum agar menghasilkan rencana kurikulum yang luas dan spesifik.proses ini berhubungan dengan seleksi dan pengorganisasian berbagai komponen situasi belajar mengajar, antara lain penetapan jadwal pengorganisasian kurikulum dan spesifikasi tujuan yang disarankan, mata pelajaran, kegiatan, sumber dan alat pengukur pengembangan kurikulum yang mengacu pada kreasi sumber-sumber unit, rencana unit, dan garis pelajaran kurikulum ganda lainnya, untuk memudahkan proses belajar-mengajar.
Pengembangan kurikulum mempunyai makna yang cukup luas. Menurut Sukmadinata (2001:), pengembangan kurikulum bisa berarti penyusunan kurikulum yang sama sekali baru (curriculum costruction), bisa juga menyempurnakan kurikulum yang telah ada (curriculum improvement). Selanjutnya beliau juga menjelaskan, pada satu sisi pengembangan kurikulum berarti menyusun seluruh perangkat kurikulum mulai dari dasar-dasar kurikulum, struktur dan sebaran mata pelajaran, gris-garis besar program pengajaran, sampai pedoman-pedoman pelaksanaan (macro curriculum). Pada sisi lainnya berkenan dengan penjabaran kurikulum (GBPP) yang telah disusun oleh tim pusat menjadi rencana dan persiapan-persiapan mengajar yang lebih khusus, yang dikerjakan oleh guru-guru di sekolah, seperti penyusunan rencana tahunan, semester, satuan pelajaran, dan lain-lain (micro curriculum).
Yang dimaksud pengembangan kurikulum dalam bahasan ini bisa mencakup keduanya , tergantung pada konteks pendekatan dan model pengembangan kurikulum itu sendiri.
Dalam pengembangan kurikulum ada beberapa model yang dapat digunakan. Setiap model memiliki kekhasan tertentu baik dilihat dari keluasan pengembangan kurikulumnya itu sendiri maupun dilihat dari tahapan pengembangannya sesuai dengan pendekatannya.
Maka dalam makalah ini kami akan menjelaskan model-model pengembangan kurikulum secara terperinci dari mulai model yang pertama yaitu model tyler sampai model dynamic skilbeck.
B.Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang kami bahas dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.Pengertian Model-model Pengembangan Kurikulum
2.Beberapa model-model pengembangan kurikulum
C.Tujuan
Adapun tujuan makalah ini adalah agar para mahasiswa dapat:
1.Menyebutkan pengertian model-model Pengembangan Kurikulum
2.Menyebutkan dan menjelaskan beberapa model-model pengembangan kurikulum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar